Integrasi Antar Aplikasi Office
Integrasi Antar Aplikasi Office
Tujuan pembelajaran:
- Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi Office
- Membuat Tabel of Content, Embed dan Mail Marge
- Membuat grafik dengan Ms. Word dan Ms. Excel
- Memakai fitur lanjut aplikasi Office untuk membuat Hypoerlink di Ms. PowerPoint ke Ms. Word
Apa Itu Integrasi?
Memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat
Data dalam file suatu sistem di perlukan juga oleh sistem yang lainnya, atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya
Definisi Integrasi:
Saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari suatu system secara rutin dapat melintas menuju atau diambil.
Integrasi dibagi menjadi dua, diantaranya:
•Integrasi Data: Proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau sempurna
•Integrasi Sistem (Integrated System) : Rangkaian proses untuk menggabungkan beberapa system koputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional
•Manfaat Integrasi:
- Satu sumber utama
- Database tertata rapi
- User Interface yang lebih konsisten
•Cara Mengintegrasikan Aplikasi
A. Pemanggilan prosedur/function: Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain
B. Messaging: Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan
C. Sharing Database: Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai mendia pertukaran data
D. File Transfer: Adalah mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan
CONTOH APLIKASI PADA MS OFFICE:
- Membuat Table of Content pada Ms Word
- Linking dan Embed pada aplikasi Ms Word
- Membuat surat massal pada Ms Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms Excel atau Ms Access
- Membuaf grafik pada aplikasi Ms Word
Komentar
Posting Komentar